Friday, September 23, 2016

PERINGATAN DARI BMKG; HATI-HATI CIREBON, KUNINGAN DAN SEKITARNYA BERPOTENSI HUJAN LEBAT

BMKG Ingatkan akan Hujan Lebat di Kuningan
gambar ilustrasi


BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mewanti-wanti agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa. Hujan lebat ini juga akan melanda Cirebon dan sekitarnya.
Forecaster BMKG Stasiun Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn menyebutkan hingga tiga hari ke depan akan ada potensi hujan lebat terjadi seperti di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. Hal tersebut berdasarkan dari kondisi atmosfer terkini, yakni terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat akibat banyak terbentuknya awan konvektif.
Maka dari itu, masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, pohon tumbang dan jalan licin. “Potensi hujan di wilayah III Cirebon masih intensitas ringan hingga sedang, sementara wilayah Kuningan dan Sumedang itu ada potensi hujan hingga lebat,” ujarnya kepada Radar, kemarin.
Add caption

Selain itu, perlu diwaspadai hujan dengan durasi yang cukup lama seperti yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir. “Seperti kemarin di wilayah Sumedang bisa menyebabkan longsor. Hal serupa bisa berpotensi terjadi di wilayah Cirebon yang mempunyai daerah dengan dataran tinggi seperti di wilayah Kabupaten Kuningan,” katanya.
Meski sudah turun hujan, namun Faiz menyebutkan saat ini masih belum masuk musim penghujan. Hujan yang terjadi belakangan ini dikarenakan adanya pertemuan masa udara di wilayah Jawa Barat, sehingga awan-awan hujan terbentuk lebih banyak dan potensi hujannya meningkat. “Selain itu juga dikarenakan suhu permukaan laut di perairan Jawa masih sangat hangat,” tuturnya.









Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment