Monday, September 26, 2016

Al-Jazari, Ilmuwan Muslim Pencipta Jam & Pompa Air



Beberapa ilmuwan muslim memberikan sumbangsih terhadap perkembangan teknologi hingga dipakai saat ini. Salah satu ilmuwan muslim yang menciptakan jam dan pompa air ialah Al-Jazari.
Buku "1001 Penemu dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim" mengungkapkan, tahun lahir dan meninggalnya Al-Jazari tidak diketahui. Namun, ia diketahui tinggal di Diyarbakir (sekarang wilayah Turki) dan mengabdi kepada dinasti Artuk antara 1174 hingga 1200.

Ia terkenal karena membuat jam dan pompa air, serta merancang alat mekanik seperti poros engkol, menggunakan robotika dan menulis buku petunjuk penemuan. Buku tersebut berupa kumpulan ilmu dan cara membuat alat-alat menarik.
Berbaga sumber menuliskan, Al-Jazari adalah penulis Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) pada 1206, di mana ia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.
Beberapa peralatannya terinspirasi oleh peralatan-peralatan sebelumnya, seperti salah satu jam airnya yang monumental, yang berdasarkan Pseudo-Archimedes. Ia juga mengutip pengaruh Banu Musa bersaudara untuk air mancurnya, al-Asturlabi untuk desain jam lilin.










Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment