Saturday, September 10, 2016

HUT KE-647, KOTA CIREBON BAKAL BANJIR DISKON






Liputan6.com, Cirebon - Kota Cirebon, Jawa Barat tengah bakal menggelar diskon besar-besaran. Bertajuk Cirebon Super Sale, diskon yang diberikan hingga 70 persen ini juga digelar dalam rangka HUT ke-647 Kota Cirebon yang jatuh pada 2 Oktober 2016.
Rencananya, selama dua pekan berturut-turut, puluhan hotel berbintang, mal, restoran, hingga cafe akan memberlakukan diskon 50-70 persen.
"Cirebon Super Sale akan digelar 24 September-9 Oktober 2016. Semua tempat usaha, mulai hotel, mal, restoran, sampai kafe akan memberi diskon bagi pengunjungnya hingga 50%, bahkan ada yang 75%, yang berlaku setiap hari," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki, Selasa (6/9/2016).
Sementara itu, untuk gelaran HUT yang puncaknya dilaksanakan pada 2 Oktober 2016 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menggandeng sebuah komunitas bernama Cirebon SAE. Komunitas ini terdiri dari unsur pemkot dan para pelaku usaha se-Kota Cirebon.
Cirebon Super Sale, kata dia, merupakan salah satu agenda besar HUT Kota Cirebon yang bertujuan menarik minat wisatawan luar kota untuk mencapai target mendongkrak pariwisata.
Lomba Makan Nasi Lengko
Berdasarkan data kunjungan hotel, pada awal 2016 lalu terjadi penurunan kunjungan wisatawan ke Cirebon. Padahal, kunjungan ke hotel pernah naik drastis pasca-Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dibuka.
"Kami melihat, penurunan kunjungan ini mungkin karena adanya kebosanan dari wisatawan. Di Kota Cirebon, selain menjelajah kuliner, belanja batik, selanjutnya apalagi, kan nyaris tak ada even yang menarik," tutur Imam.
Selain Cirebon Super Sale, perayaan HUT Kota Udang tahun juga juga akan diramaikan dengan sejumlah kegiatan lain, di antaranya Kirab Agung Laskar Macan Ali Nusantara, Kirab Keraton, Lomba Masak dan Makan Nasi Lengko sebanyak 2.016 piring/kotak bertema 'Makan Sehat dan Gratis bersama Sega Lengko Jeh'.
"Kirab agung ini pada HUT sebelumnya belum ada. Tahun ini kami gelar dengan menghadirkan kirab prajurit empat keraton Cirebon bersama sultannya masing-masing, sembilan tari kuno dari Keraton Kanoman Cirebon, arak-arakan benda-benda pusaka setiap keraton, para kuwu (kepala desa), sampai santri se-Kabupaten Brebes, Jawa Tengah," tutur Ketua Panitia HUT ke-647 Kota Cirebon, Edy Sugiarto.
HUT kali ini juga akan menghadirkan sejumlah perwakilan dari pemerintahan pusat, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kapolri, hingga 12 kedutaan besar (kedubes) negara-negara sahabat.
Seperti tahun sebelumnya, kegiatan unggulan HUT Kota Cirebon ini, yakni pembacaan Babad Cirebon (asal mula Cirebon) di Keraton Kanoman, Gebyar Kawasan Tanpa Rokok, penandatanganan kesepakatan pengendalian HIV/AIDS, santunan veteran dan anak yatim piatu.
Lalu pertunjukan sendratari bertajuk Sendragentala, festival olahraga rakyat, dan pengobatan gratis.







Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment