Saturday, December 17, 2016

Ini Keistimewaan 7 Sumur Purbakala Kaliwadas Cirebon

Ini Keistimewaan 7 Sumur Purbakala Kaliwadas Cirebon

SITUS: Warga Kelurahan Tukmudal, Kabupaten Cirebon, tak sengaja menemukan tujuh sumur purbakala saat menguras sius Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru, Kamis (15/12). Foto: Cecep/radarcirebon.com




CIREBON – Warga Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, saat ini ramai dengan penemuan tujuh sumur pubakala di sekitrar situs Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru. Karena penemuan sumur yang berumur ribuan tahun itu tak sengaja.
Sesepuh Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Saprudin, mengatakan, masyarakat belum pernah mengetahui adanya sumur tujuh purbakala. Warga baru mengetahui ada sumur tujuh di lokasi situs setelah Elang Aji dari Keraton Kanoman Cirebon, memerintahkan para sesespuh dan masyarakat menguras situs Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru.
“Ajaib, tujuh sumur itu langsung ditemukan dan seluruh masyarakat, khususnya Blok Tukmudal Cantil, sangat berterima kasih kepada Elang Aji Nurasa yang telah membuktikan. Yang tadinya tidak nyata jadi nyata,” kata Saprudin.


Pihak Keraton Kanoman Cirebon pun langsung memberikan perintah untuk membuat pondasi yang lebih jelas untuk ketujuh sumur purbakala itu. Serta menunggu dana dari swadaya masyarakat dan bantuan donatur dari luar situs tersebut akan dikembalikan seperti semula yaitu dengan Tujuh Sumur tersebut ditimbulkan atau ditinggikan lagi.
Elang Aji Nurasa pemdamping Sultan Kanoman Pangeran Raja Muhamamad Emiruddin, sekaligus ketua paguyuban pancer kahuripan mengatakan, sangat senang dengan adanya warga yang antusias terhadap kelestarian situs.
Dia berpesan kepada para sesepuh Kelurahan Kaliwadas untuk menjaga dan melestarikan situs yang ada. Terlebih menurutnya, air ketujuh sumur tujuh purbakala memiliki keistimewaan dibanding yang lain.
“Di sumur ini memang partikel sangat bagus bahkan di seluruh kabupaten Cirebon ini hanya di sini air yang paling partikelnya bagus dan jernih. situs ini Emang harus dilestarikan dan dibangun sedemikian rupa biar nyaman dan dibangun seperti semula seperti zaman dahulu, seperti adanya pendopo juga harus ada,” kata Aji. (cecep)

sumber : radarcirebon.com












Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment