Saturday, December 17, 2016

Geger, 7 Sumur Purbakala Ditemukan di Kaliwadas Cirebon !

Geger, 7 Sumur Purbakala Ditemukan di Kaliwadas Cirebon

SITUS: Warga Kelurahan Tukmudal, Kabupaten Cirebon, tak sengaja menemukan tujuh sumur purbakala saat menguras sius Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru, Kamis (15/12). Foto: Cecep/radarcirebon.com



CIREBON – Warga Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, digegerkan dengan penemuan tujuh sumur yang berumur ribuan tahun, Kamis (15/12). Sumur itu ditemukan tak sengaja oleh masyarakat saat menguras situs Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru.
Penemuan tujuh sumur tersebut berawal saat adanya pelang dari pemerintah daerah terkait akan dibuatnya perumahan di area tersebut. Namun, masyarakat sekitar tidak setuju karena ada situs Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru.


Sesepuh Kelurahan Kaliwadas pun menghubungi pihak Keraton Kanoman Cirebon untuk melindungi situs Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru. Pihak Kanoman pun merespons dengan baik adanya usaha warga melestarikan situs.
Apalagi, antusias sesepuh Kelurahan Kaliwadas untuk menjaga situs tersebut tinggi. Sehingga pihak Keraton Kanoman pun memberikan perintah kepada sesepuh untuk membersihkan situs tersebut dan menguras semua air yang ada di situs balong.
“Kami dapat perintah dari Elang Aji untuk menguras Balong tersebut sampai ke dasarnya,” kata Saprudin, sesepuh Kelurahan Kaliwadas.
Warga pun bergotong royong menuruti perintah dari Keraton Kanoman untuk menguras balong. Sampai dasar dan air tak tersisa, warga sontak kaget. Karena setelah dikuras terdapat tujuh sumur yang berada di balong tersebut.
“Kami langsung kaget ditemukannya pondasi purbakala yang membentuk tujuh Sumur. Yaitu Sumur Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru, Sumur Jalatunda, Sumur Kemulian, Sumur Kejayan, Sumur Keputren, Sumur Anom, dan Sumur Sepuh,” jelas Saprudin. (cecep)

sumber : radarcirebon.com











Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment