Saturday, August 27, 2016

Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia, Karya Anak Bangsa.

 Karya Anak Bangsa, Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia

JAKARTA - Bagaimana jadinya bila sebuah drone terbang tanpa menggunakan baling-baling? Walaupun terdengar mustahil, namun impian tersebut berusaha diwujudkan oleh salah satu anak muda Indonesia.

Muhammad Rizqy Fauzan (18), nama dari inovator muda tersebut. Ia menceritakan kisahnya dalam usaha mengembangkan drone pertama di dunia yang dapat terbang tanpa menggunakan baling-baling. Sejauh ini, drone tersebut masih berupa prototipe.

Untuk mewujudkan drone tanpa baling-baling tersebut, ia mengaku terinspirasi dari konsep "Dyson Air Multiplier". Konsep ini memungkinkan udara dapat tersedot tanpa perlu bantuan baling-baling.




"Simpelnya, udara diambil dari bawah melalui sebuah tabung. Lalu dialirkan ke empat lubang yang berfungsi menerbangkan drone. Hal ini juga berkaitan dengan hukum fisika Bernoulli," ujarnya penuh semangat di Jakarta, Minggu (14/8/2016).
Hukum Bernoulli sendiri menjelaskan bahwa peningkatan kecepatan pada suatu aliran zat cair atau gas akan mengakibatkan penurunan tekanan pada zat cair atau gas tersebut. Hukum itulah yang coba diterapkan olehnya di dalam drone ciptaannya.
Sejauh ini, Rizqy mengaku percobaan drone ini masih sebatas di area Software. Kini, ia masih berusaha agar drone ini dapat menjalani percobaan terbang. "Saya masih cari material terbaik agar drone ini dapat lancar terbang di langit. Saya juga sedang mengurus patennya," jelasnya.
 

Sumber : okezone.com








0 komentar:

Post a Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online